Diera masa kini era Revolusi Industri 4.0 kebutuhan akan teknologi digital sangatlah penting. Namun sampai saat ini masih banyak yang belum paham dan belum banyak menerapkan teknologi informasi sebagai media digital, bahkan dalam kalangan pemerintah sekali pun terlebih khususnya pemerintah desa.

Didalam lingkungan desa biasanya banyak terjadi permasalahan ketidak terbtinya administrasi kependudukan dan ketidak tertibnya administrasi desa sehingga terkadang menghambat pelayanan dan informasi publik oleh desa.

Portal Desa Digital

Dengan dasar permasalahan itu maka dirancanglah sebuah sistem untuk membantu pemerintah desa dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dengan adanya Portal Desa Digital ini diharapkan dapat menjadi kunci atau jalan keluar bagi pemerintah desa dalam menata, memetakan dan mengelola segala data yang ada di desa.

Portal Desa Digital merupakan sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa berbasis web yang dikembangkan khusus untuk membantu desa-desa atau kelurahan dalam melakukan pengelolaan data dan pelayanan publik.

Portal Desa Digital dikembangkan pada tahun 2019 yang awalnya menggunakan basic dari aplikasi OpenSID, namun dengan berjalannya waktu Portal Desa Digital yang sering disebut dengan singkatan PDD ini beralih pengembangan menggunakan framework berbasis Laravel. 

Dengan kebutuhan fitur dan kemudahan pengembangan yang bertujuan mempermudah pengembang pihak ketiga untuk mengembangkan modul-modul, plugins-plugins atau pun template-template maka pengembangan meninggalkan basic OpenSID dan diputuskan menggunakan framework modern yaitu Laravel